• Tugas Pokok Kepala Bidang TIK, Telematika dan E-Government

Tugas Pokok Kepala Bidang TIK, Telematika dan E-Government:
Kepala Bidang TIK, Telematika dan E-Government mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika dalam merumuskan dan menyelenggarakan kebijakan teknis dibidang teknologi informasi dan komunikasi, telematika dan e-government;

Fungsi:

  1. Perumusan dan pelaksanaan kebijakan dibidang tik, telematika dan pengelolaan e-government;
  2. Penyusunan norma, standar, pedoman, dan kriteria penyelenggaraan dibidang tik, telematika dan pengelolaan e-government;
  3. Pemberian bimbingan teknis, supervisi, pemantauan, evaluasi dan pelapora dibidang tik, telematika dan pengelolaan e-government;
  4. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

Uraian Tugas:

  1. Pelaksanaan koordinasi interroprabilitas sistem informasi kemanan sistem informasi, transaksi elektronik, perangkat lunak, konten multimedia antar satuan kerja diwilayah Kabupaten/Kota.
  2. Pelaksanaan koordinasi interroperabilitas implementasi pengembangan e-govenrmet skala Kabupaten/Kota dan lintas Kabupaten/Kota dalam satu Provinsi;
  3. Pelaksanaan koordinasi pembangunan, pengelolaan, pengembangan infrastruktur komunikasi dan informatika, fasilitas sarana dan prasarana dan sumberdaya telematika serta kemitraan di bidang pemberdayaan telematika diwilayah Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pusat;
  4. Pelaksanaan koordinasi kegiatan bidang aplikasi politik, hukum dan kemanan, perekonomian, pendidikan dan kesejahteraan rakyat di bidang E-bisnis dan persandian diwilayah Kabupaten/Kota;
  5. Penyiapan telaahan hukum dan penyusunan rancangan peraturan daerah(Perda), pelaksanaan bantuan dan penyuluhan hukum, analisis dan evaluasi peraturan perundang-undangan dibidang aplikasi telematika;
  6. Melaksanakan pengembangan sistem database dan pelaporan database Pemerintah Daerah Kab/Kota;
  7. Melaksanakan penerapan dan koordinasi pengembangan teknologi persandian dan pengolahan data;
  8. Melaksanakan Bimtek monitoring, evaluasi dan analisis aplikasi data elektronik dan persandian;
  9. Mengkoordinasikan pengelolaan dan pengembangan akses informasi di bidang telematika wilayah Kab/Kota, Provinsi serta Pusat;
  10. Penyelenggaraan kegiatan peningkatan sumberdaya manusia lingkup teknologi informasi dan atau sistem informasi;
  11. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan lingkup bidang teknologi informasi;
  12. Pelaksanaan pengembangan sarana dan prasarana pendukung teknologi informasi dan/ atau sistem informasi;
  13. Penyusunan program dan kegiatan seksi;
  14. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian dan pengawasan program dan kegiatan bidang teknologi informasi dan statistik;
  15. Pelaksanaan evaluasi program dan penyusunan pedoman dalam rangka pengembangan teknologi informasi, komunikasi dan statistik;
  16. Melaksanakan pengelolaan infrastruktur hardware meliputi server, komputer dan perangkat pendukungnya;
  17. Melaksanakan pengeloalaan infrastruktur jaringan komputer dan data statistik informasi;
  18. Pembentukan Tim TP3MT Kabupaten;
  19. Pelaksanaan Pengawasan dan Pengendalian Program KPU/USO;
  20. Melaksanakan pengelolaan sistem dan teknologi informasi dan statistik;
  21. Melaksanakan penyiapan kompetensi teknologi informasi meliputi SDM administrstif jaringan dan administratur sistem informasi manajemen.
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search

X