Rapat Penyusunan Rencana Induk TIK Di Kutai Barat

 In Berita

(Kanan Belakang) Kadis kominfo Kutai Barat, saat pimpin rapat persiapan penyusunan RITIK. Foto: Aryo (Diskominfo)

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Rencana Induk TIK (RITIK) adalah penyusunan strategi atau arah pengembangan dari pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam organisasi kepemerintahan. Dokumen RITIK ini tertuang nilai investasi untuk infrastruktur teknologi informasi yang tinggi, dan dibutuhkan kecermatan dalam perencanaannya.  Tanpa adanya RITIK, pengembangan TIK cenderung berjalan sendiri-sendiri yang akhirnya membentuk sektor-sektor data, aplikasi dan infrastruktur akibat kurang terkoordinasinya pengembangan TIK antar satuan kerja.

Pentingnya hal tersebut Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kutai Barat selain akan menyusun rencana induk pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi,  kegiatan ini juga untuk memetakan apa saja permasalahan sehingga pelayanan pemerintah di sektor teknologi informasi ini dapat maksimal. di ruang rapat lantai II Diskominfo Kutai Barat. Selasa 15 Desember 2020.

Dengan Rencana Induk TIK akan membuat visi dan kebijakan TIK dan Prioritas pengembangan TIK pun menjadi lebih jelas. Sehingga pada akhirnya peran dan manfaat TIK dapat terasa bagi pembangunan untuk menciptakan efisiensi dan efektifitas kerja yang akhirnya membantu menciptakan tata pemerintahan yang baik (good governance).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kutai Barat Mobilala mengatakan, Dokumen RITIK ini sangat dibutuhkan untuk menunjang perencanaan yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

“Melalui Domumen ini, dapat menjadi panduan dan pedoman dalam mengambil suatu kebijakan terkait dengan pelayanan aplikasi, infrastruktur serta berbagai hal lainnya yang menjadi tugas dan wewenang Diskominfo Kutai Barat,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya dokumen ini juga nantinya akan membahas beberap hal seperti, peraturan-peraturan lanjutan yang telah disusun, kemudian kelembagaan serta proses bisnis kedepanya, yang terpenting dokumen RITIK ini dapat diselaraskan dengan RPJMD Kutai Barat 2021-2024 serta RENSTRA dan RENJA ditiap tahun anggaranya secara terukur dan terarah dapat meningkatkan kontrol, keefektipan dan efisiensi pemanfaatan TIK,” pungkasnya.

Penulis: Aryo, Editor: Hermanto

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search

X