• Potensi Pelayanan

DISEMINASI (Penyebaran) Informasi
Salah satu permasalahan dalam bidang Informasi dan Media Komunikasi yaitu masih adanya masyarakat yang kesulitan dalam mengakses informasi, khususnya masyarakat perdesaan. Hal ini mengakibatkan terjadinya kesenjangan informasi antara masyarakat perdesaan dan masyarakat perkotaan.

Sehubungan hal diatas, potensi pelayanan yang menjadi Sasaran Dinas Komunikasi dan Informatika dalam penyebaran informasi secara spesifik dititikberatkan pada masyarakat perdesaan.

Penyampaian dan Penyebaran Informasi kepada masyarakat yang segera dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika dilakukan melalui berbagai Media yaitu:

  1. Media Cetak;
    Segera diusulkan Tabloid Daerah ” SERDA ”
  2. Media Elektronik, yaitu:
    Sendawar FM atau bermitra dengan Radio Swasta yang ada di Kabupaten Kutai Barat.
  3. Media Tatap Muka;
  4. Media Kesenian Tradisonal yang komunikatif;
  5. Media Web.(http//www.diskominfokubar.net);
  6. Media Pameran Pembangunan
  7. Media Online

KALEIDOSKOP TREN ISU PUBLIK PEMBANGUNAN KABUPATEN KUTAI BARAT
Salah satu permasalahan dalam bidang Informasi dan Media Komunikasi yaitu masih adanya masyarakat yang kesulitan dalam mengakses informasi, khususnya masyarakat perdesaan. Hal ini mengakibatkan terjadinya kesenjangan informasi antara masyarakat perdesaan dan masyarakat perkotaan.

TELECENTER
Merupakan pusat informasi bagi masyarakat berbasis TIK dalam rangka memberdayakan masyarakat yang dikelola oleh masyarakat. Fasilitas ini disediakan untuk untuk memberikan kemudahan pada masyarakat dalam mengakses informasi secara cepat dan murah.

Telecenter meruapakan tempat dilaksanakan berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat, seperti pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, juga pertemuan-pertemuan warga. Selain itu telecenter dapat mendukung kegiatan ekonomi masyarakat dengan dukungan media dan teknologi untuk memudahkan survei pasar, pemasaran dan transaksi.

Dengan Telecenter, masyarakat dapat melakukan banyak kegiatan komunikasi lancar mencari informasi, berkomunikasi dengan pihak lain, dan mendapatkan layanan sosial dan ekonomi. Semuanya dilakukan dengan dukungan TIK, Misalnya melalui telepon, komputer, dan sambungan internet. Selain itu Telecenter dapat mendukung kegiatan ekonomi masyarakat dengan dukungan media dan teknologi untuk memudahkan survei pasar, pemasaran dan transaksi.

SURAT MENYURAT ELEKTRONIK (E- OFFICE)
Dimaksudkan untuk mempermudah pekerjaan administrasi perkantoran yang dilakukan secara elektronik dan menggunakan bantuan alat komunikasi dan sistem informasi.

FASILITASI COLOCATION DAN HOSTING
Merupakan pelayanan teknis kepada OPD Kabupaten Kutai Barat dan Kecamatan dengan menempatkan server dan aplikasinya untuk memperoleh fasilitas akses internet dalam mendukung layanan informasi publik.

KEAMANAN INFORMASI
Untuk mengevaluasi keamanan informasi yang ada di Kabupaten Kutai Barat, adapaun evaluasi dilakukan terhadap beberapa area target penerapan kemanan informasi dengan ruang lingkup pembahasan yang juga memenuhi semua aspek keamanan yang didefinisikan oleh Standar SNI-ISO/IEC 27001:2009 .

INFRASTRUKTUR JARINGAN TIK
Merupakan layanan fasilitasi keterhubungan antar SKPD untuk mengintegrasikan, sistem informasi, pertukatan data dan informasi dalam rangka mengimplementasikan E-Government dan Layanan Publik.

JASA TELEKOMUNIKASI
Merupakan kegiatan pelayanan, pembinaan, pengawasan, perizinan bidang penyiaran, telekomunikasi dan telekomunikasi khusus diantaranya iizin penyelenggaraan usaha jasa titipan, Penerbitan Rekomendasi Kelengkapan Data Administrasi dan Data Teknik Lembaga Penyiaran TV, Pembinaan dan Pengawasan Menara Telekomunikasi, Pembinanaan dan Pengawasan Amatir Radio dan Komunikasi Radio Antar Penduduk, Pembinaan dan Pengawasan ORARI.

PEMBERDAYAAN KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM)
Merupakan upaya untuk memberdayakan lembaga komunikasi sosial yang berbasis kelompok masyarakat dengan tugas untuk mengumpulkan, mengolah, menyebarluaskan informasi khususnya yang berkenaan dengan potensi wilayah sekitranya.

MEDIA PERTUNJUKAN RAKYAT (PERTURA)
Merupakan salah satu bentuk media tradisional yang komunikatif dalam bentuk kelompok seni pertunjukan rakyat yang mampu menyampaikan pesan-pesan kepada masyarakat.

NGOBROL PINTER (NGOPI) BARENG BUPATI DAN WAKIL BUPATI
Adalah bentuk Sosialisasi program pembangunan dan Kebijakan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat yang disampaikan dalam bentuk Dialog Interaktif di Media Televisi.

SENDAWAR NEWSROOM (SNR)
Merupakan pusat atau dapur informasi yang memproduksi hasil liputan berupa berita aktual. Peran Newsroom sangat strategis, mengingat produk informasi yang dihasilkan menjadi penyeimbang berita media lainnya, sekaligus sebagai referensi bagi masyarakat dan jajaran Pemerintah Kabupaten Kutai Barat.

Pemberdayaan Masyarakat dan Kemitraan.
Selain penyebaran informasi, pelayanan bidang komunikasi dan informatika juga dilakukan dalam bentuk pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan masyarakat tersebut diadasarkan pada kesejajaran peran sehingga pemberdayaan yang dilakukan bersifat kemitraan.

Adapun yang menjadi potensi sasaran dalam pelayanan pemberdayaan yang didasarkan pada kemitraan yaitu kelompok masyarakat atau lembaga media komunikasi dan informatika yang pengelolaan dilakukan oleh masyarakat diantaranya lembaga penyiaran dan kelompok komunitas kreatif (Puskomkref).

Peningkatan SDM di Bidang Komunikasi dan Informatika.
Ketersediaan sumber daya manusia di bidang komunikasi dan informatika baik kualitas maupun kuantitas merupakan salah satu hal yang mendapatkan perhatian dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kutai Barat.

Sasaran pelayanan SDM ini secara internal ditujukan untuk meningkatkan kualitas Aparatur Sipil Negara(ASN) sebagai pengelola komunikasi dan informatika, baik untuk lingkungan Dinas Komunikasi dan Informatika maupun Dinas Instansi lainnya, serta pelayanan untuk menjadi penjabat fungsional Pranata Kehumasan. Sedangkan secara eksternal diarahkan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengelola informasi, khususnya informasi yang diterima. Hal ini berkaitan dengan derasnya informasi sebagai dampak dari globalisasi informasi, sehingga diharapkan masyarakat mempunyai kemampuan untuk menyeleksi informasi yang positif dan negatif.

Peningkatan kualitas masyarakat sebagaimana diatas, diarahkan pula untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya manfaat penerapan teknologi informatika.

PEMBENTUKAN BAKOHUMAS KABUPATEN KUTAI BARAT
Merupakan Kegiatan Forum Pertemuan (Sarasehan) untuk menyampaikan persepsi program dan kebijakan Pemerintah, antara-humas OPD Kabupaten Kutai Barat dan BUMD dengan berbagai Stakeholder Pembangunan di wilayah Kabupaten Kutai Barat.

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search

X