Integrasi Kajian KHLS Dalam RPJMD Kutai Barat Periode 2021-2026

 In Berita

(Tengah) Plt. Asisten II Setdakab Kutai Barat, saat membuka Rapat Pengintegrasian KHLS. Foto: Welin (Dinkominfo)

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Rapat Pengintegrasian Kajian Lingkukangan Hidup Strategis (KHLS) dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kutai Barat Periode 2021-2026, dibuka oleh Plt Asisten II Bidang Ekonomi, Pembangunan dan SDA Setdakab Kutai Barat, turut hadir mendampingi Kadis DLH, Kadis Sosial, serta seluruh peserta dari beberapa Perangkat Daerah di ruang Rapat BP3D  Kutai Barat. Jumat (10/9)

Bupati Kutai Barat dalam sambutannya yang dibacakan oleh Plt Asisten II Kutai Barat Nopandel mengatakan, KLHS merupakan pendekatan strategis jangka panjang dalam pengelolaan lingkungan hidup menuju pembangunan berkelanjutan maka dapat mendukung terwujudnya Visi Pembangunan yaitu ‘Kutai Barat Semakin Adil, Mandiri dan Sejahtera Berlandaskan Ekonomi Kerakyatan Dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia’.

“Dengan terselenggaranya agenda ini, merupakan tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya yang mana kita telah melakukan konsultasi atau uji publik penyusunan KLHS, dimana KLHS diwajibkan untuk diintegrasikan kedalam penyusunan atau evaluasi RPJMD Kabupaten Kutai Barat,”tegasnya.

“Terintegrasinya KLHS dengan dokumen RPJMD menjadi hal yang sangat penting, terlebih KLHS yang telah tersusun harus divalidasi kurang lebih 6 bulan setelah Pelantikan Pejabat Daerah, selanjutnya berita acara pengintregasian merupakan salah satu syarat kelengkapan administrasi validasi Dokumen KLHS, oleh sebab itu saya pun mengharapkan peran serta seluruh pihak terkait untuk mendukung kegiatan ini secara maksimal,” jelasnya berharap.

Lebih lanjut Asisten II Setdakab Kutai Barat ini mengaskan, pentingnya pembangunan berkelanjutan sebagai upaya untuk menjamin keutuhan lingkungan hidup baik dari segi keselamatan, kemampuan, kesejahteraan dan pembangunan kualitas hidup manusia.

“Maka besar harapan saya untuk Dokumen KLHS yang telah disusun sedemikian rupa ini, dapat terimplementasi dalam pelaksanaan pembangunan, dan tentunya tujuan akhirnya adalah mewujudkan  perekonomian masyarakat semakin meningkat dan alam tetap lestari,” harapnya.

Nopandel juga berpesan pada masa pandemi seperti sekarang ini tetap disiplin protokol kesehatan disetiap aktivitas atau kegiatan. “Bersama kita dukung cegah penyebaran covid-19 dan suksesnya kegiatan vaksinasi. Semoga dengan kesadaran dan kepedulian kita bersama, akan mensukseskan peningkatan derajat kesehatan di Kabupaten Kutai Barat pada khususnya,” pungkasnya.

Penulis: Welin, Editor: Hermanto

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search

X