HUT Mahkamah Agung RI Ke -75 Dapat Memotivasi Dan Inovasi Kepada Pengadilan Negeri Dan Pengadilan Agama Di Kutai Barat

(Kanan) Bupati Kutai Barat, Saat menyerahkan Plakat Kutai Barat kepada Ketua Pengadilan Negeri Kutai Barat. Foto: Donni (Diskominfo)

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR. Pemerintah Kutai Barat mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung Republik Indonesia Ke-75 tahun. Dengan usia Ke-75 tahun dapat memberi motivasi dan inovasi kepada pengadilan terutama pengadilan negeri dan pengadilan agama di Kutai Barat dalam memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat. Ungkap Bupati Kutai Barat FX Yapan saat menghadiri peringatan HUT Mahkamah Agung RI ke -75. di Kantor Pengadilan Negeri Kutai Barat Kelas II. Rabu 19 Agustus 2020.

Dikatakan lebih lanjut, kehadiran Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama memudahkan masyarakat menerima pelayananan hukum di Kutai Barat. Sehingga masyarakat tidak lagi keluar daerah untuk mencari pelayananan hukum. “Adanya Pengadilan Negeri di Kutai Barat, sangat memudahkan pelayanan hukum dan cepat bagi masyarakat. Selama ini masyarakat mesti ke Tenggarong. Harus Menepuh jarak jauh, memerlukan biaya dan tenaga,” jelasnya.

“Kedepan akan adanya penambahan tenaga, baik hakim maupun panitera, karena pelayanan hukum dari Pengadilan Negeri Sendawar. Tidak hanya sebatas untuk melayani warga Kutai Barat, melainkan juga untuk warga yang berasal dari Kabupaten Mahakam Ulu,” harapnya.

Kemudian  Ketua Pengadilan Negeri Kutai Barat, Jemmy Tanjung Utama menyebutkan, pada peringatan HUT Mahkamah Agung RI, mengusung tema  “optimalisasi peradilan modern berkelanjutan merespon pandemi covid-19” di mana optimalisasi tersebut ditunjukkan dalam penggunaan aplikasi e-court Mahkamah Agung RI, yang tertuang dalam PERMA no 1 tahun 2019 tentang administrasi perkara dan persidangan di pengadilan secara elektronik.

Upaya dalam membangun peradilan yang modern. Mahkamah agung tidak hanya berhenti pada aplikasi yang disebutkan diatas (e-court) bahkan menghadapi pandemi covid-19, mahkamah agung telah membuat draft rancangan perma tentang administrasi perkara pidana dan persidangan elekronik yang masih memerlukan pembahasan dan sosialisasi. “Selain itu membuat aplikasi e-court untuk pengadilan tingkat banding untuk digunakan diseluruh wilayah Indonesia,” sebutnya.

Peringatan HUT Mahkamah Agung RI dikemas dengan pemotongan tumpeng dan kue ulang tahun. peringatan itu juga semakin meriah dengan saling menyuuapkan kue ulang tahun antara Ketua Pengadilan Negeri Kutai Barat, Jemmy Tanjung Utama dan Ketua Pengadilan Agama Kutai Barat, A Rukip.  Dalam peringatan tersebut dihadiri Bupati Kutai Barat didampingi Wakil Bupati Kutai Barat H. Edyanto Arkan, Dandim 0912 KBR Anang Sofyan dan Kapolres Kutai Barat, Roy Satya Saputra.

Penulis: Donni, Editor: Hermanto Y.