Dinas Pertanian Vaksinasi Rabies Di Dua Kecamatan. Senin (11/11/2019)

 In Berita

Kasi Kesehastan Hewan, Dokter Hewan Ni Luh Sumaniartini Bersama Tim Melakukan Vaksin Rabies Dikampung Muara Lawa Dan Kampung Lambing Kecamatan Muara Lawa. (hms10).kutaibaratkab.go.id

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR,Dalam rangka pencegahan dan pengendalian penyakit pada Hewan Pembawa Rabies (HPR) di Kecamatan Muara Lawa Dinas Pertanian Kutai Barat melakukan kegitan vaksinasi rabies di dua Kampung Muara Lawa dan Kampung Lambing. Untuk di Kampung Muara Lawa dengan populasi anjing  101 ekor, kucing 205 dan kera 1 ekor, sedangkan di Kampung Lambing  Anjing 164 ekor, dan Kucing 36 ekor.

Lebih lanjut Kasi Kesehastan Hewan Dokter Ni Luh Sumaniartini menuturkan, bersama dengan kegiatan tersebut juga dilakukan pencegahan dan penanggulangan penyakit pada ternak ruminasia, sapi bali dan unggas. Dalam kegiatan tersebut ditangani sebanyak 41 ekor sapi, ungas 3 kandang, di tiga kepala keluarga dan babi 7 kandang  pada 7 kepala keluarga, sekali lagi kegiatan tersebut bertujuan untuk pencegahan dan pengendalian penyakit, Senin (28/10).

Lebih lanjut Ni Luh Sumaniartini menegaskan kegitan initentunya bertujuan untuk mencegah penularan penyakit rabies yang bersifat zoonasi (menular dari hewan ke manusia), dan kegitan  tersebut didukung pendanaan dari APBD murni Pemkab Kubar Tahun 2019.

Ni Luh Sumaniartini  menambahkan, selain dilaksanakan di Kecamatan Muara lawa kegiatan vaksinasi rabies tersebut juga dilaksanakan di Alun-Alun Itho bersama komunitas pencinta kucing Kab Kutai Barat dengan tujuan pencegahan penyakit rabies.

Ia menambahkan, rabies merupakan penyakit serius yang menyerang otak dan sistem saraf baik kepada hewan maupun manusia. Penyakit ini digolongkan sebagai penyakit mematikan yang harus ditangani dengan cepat, oleh sebab itu harus diwaspadai.

Cara penularan virus rabies selain terdapat di susunan syaraf pusat, juga terdapat di air liur hewan penderita rabies. Oleh sebab itu penularan penyakit rabies pada manusia atau hewan lain melalui gigitan. Gejala-gejala rabies pada hewan timbul kurang lebih 2 minggu (10 hari-8 minggu). Sedangkan pada manusia 2-3 minggu sampai 1 tahun.

Gejala dan tanda-tanda penyakit rabies pada hewan dikenal dalam 3 bentuk, pertama bentuk ganas Furious rabies masa eksitasi panjang, kebanyakan akan mati dalam 2-5 hari setelah tanda-tanda terlihat. Selain itu hewan menjadi penakut atau menjadi galak. Senang bersembunyi di tempat-tempat yang dingin, gelap dan menyendiri tetapi dapat menjadi agresif. Tidak menurut perintah majikannya. Nafsu makan hilang. Air liur meleleh tak terkendali.Hewan akan menyerang benda yang ada disekitarnya dan memakan barang/benda-benda asing seperti batu, kayu. Menyerang dan menggigit barang bergerak apa saja yang dijumpai, selanjutnya kejang-kejang disusul dengan kelumpuhan, dan ekor berada diantara dua paha.

Kedua bentuk diam Dumb Rabies masa eksitasi pendek, paralisa cepat terjadi. Tanda-tanda yang sering terlihat bersembunyi di temapat yang gelap dan sejuk. Kejang-kejang berlangsung sangat singkat, bahakan sering tidak terlihat. Lumpuh, tidak dapat menelan, mulut terbuka. Air liur keluar terus menerus (berlebihan) dan mati secara tiba-tiba. Sedangkan yang ketiga bentuk asystomatis hewan tidak menunjukkan gejala sakit, tetapi hewan tiba-tiba mati.(hms10)

Recent Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search

X