Bupati Kutai Barat, Resmikan Program PKTD, 8 Kampung Di Kecamatan Nyuatan.

Bupati Kutai Barat, saat tandatangani papan prasasti, tandai peresmian salah satu bangunan Program PKTD. Foto: Andreas (Diskominfo)

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Pemerintah Kutai Barat Melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kutai Barat menyerahkan bantuan langsung Tunai (BLT) Tahap V sebesar Rp 300 ribu perbulan yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Kutai Barat, untuk warga masyarakat yang terdampak Covid sekaligus peresmian Program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) di delapan  kampung dalam wilayah Kecamatan Nyuatan . Jumat, 21 Agustus 2020

Bupati Kutai Barat FX. Yapan, menyampaikan bahwa pemberian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) untuk meringankan beban warga yang  terdampak Covid-19 dan peresmian Program Padat Karya Tunai Desa (PKTD), program ini sangat gencar dicanangkan Pemerintah melalui Kementrian desa pembangunan daerah tertinggal dan  transmigrasi.

“Penggunaan dana desa diarahkan untuk melaksanakan berbagai pembangunan yang dibutuhkan desa atau kampung program dari pemerintah pusat ini turut menyukseskan terwujudnya  misi pemerintah periode 2016-2021 pada butir pertama yang berbunyi peningkatan pembangunan dan infrastruktur layanan publik yang semakin merata diseluruh wilayah Kabupaten Kutai Barat,” terang Bupati.

Pemerintah daerah akan terus bersinergi dan berkomiten agar terlaksananya program ini yang tentu akan berdampak pada pemerataan pembangunan dengan menyesuaikan kebutuhan dan anggaran yang tersedia.

“Untuk kecamatan Nyuatan terdapat delapan kampung yang melaksanakan kegiatan PKTD dengan sumber dana dari Alokasi Dana Desa (ADD) dan Alokasi Dana Kampung (ADK),” jelasnya.

Sementara menurut Plt Camat Nyuatan Tomi Taruna mengatakan,  penerimaan bantuan BLT se Kecamatan Nyuatan terdapat 1055 kepala keluarga (KK), untuk penrima PKH sebanyak 184 KK,  penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebanyak 330 KK, dan untuk penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) Dinas Sosial sebanyak 86 KK.

Melalui kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Barat  atas bantuan dana  kepada Kampung-kampung yang ada di kecamatan Nyuatan sehingga sangat bermanfaat dan dirasakan oleh masyarakat kecamatan Nyuatan terutama yang begitu terlihat seperti semenisasi Jalan gang dan pembangunan dermaga.

“Dengan diresmikannya kegiatan PKTD yang ada di kecamatan Nyuatan ini dapat memacu  pembangunan yang lebih baik dimasa yang akan datang sehingga terwujudnya hari esok yang lebih baik dari pada hari ini,” pungkasnya.

Penulis: Andreas, Editor: Hermanto Y.