Bupati Kutai Barat Resmikan Program PKTD 16 Kampung Dikecamatan Bongan.

 In Berita

(Tenggah) Bupati Kutai Barat,  menandatangani papan prasasti salah satu pembangunan PKTD. Foto: Welin (Diskominfo)

KOMINFOKUBAR-SENDAWAR, Pemerataan pembangunan telah digariskan dalam Undang-Undang Dasar 1945 pada alinea keempat, yang menyatakan bahwa fungsi sekaligus tujuan Negara Indonesia yakni memajukan kesejahteraan umum, yang mana salah satu proses pencapaian tersebut adalah melalui pembangunan.

Dan sebagai upaya demi terwujudnya Kutai Barat yang Semakin Adil, Mandiri dan Sejahtera yang berlandaskan Ekonomi Kerakyatan dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia, maka Pemerintah Daerah di bawah pimpinan Bupati Kutai Barat dan Wakil Bupati saat ini telah berkomitmen untuk melaksanakan pemerataan pembangunan yang dilaksanakan mulai dari pinggiran hingga pusat kota Kabupaten Kutai Barat. Kecamatan Bongan sendiri merupakan salah satu wilayah yang menjadi pintu gerbang utama masuk wilayah Kabupaten Kutai Barat, hal ini menjadikan suatu keharusan untuk melaksanakan pembangunan infrastruktur publik yang memadai.

Dalam meningkatkan pelayanan yang baik tersebut kepada Masyarakat, Bupati Kutai Barat FX Yapan secara simbolis meresmikan sarana dan prasarana Kampung didampinggi Sekretaris Daerah Kutai Barat, Asisten 1 Kutai Barat, Angota DPRD Kutai Barat, dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah Kutai Barat serta unsur lembaga Kampung Pering Taliq Kecamatan Bongan. Minggu 13 September 2020

Bupati Kutai Barat FX Yapan mengatakan, beberapa bukti nyata diantaranya adalah peresmian pembangunan beberapa infrastruktur publik yang dilaksanakan dalam wilayah Kecamatan Bongan.

“Seperti; Pembangunan jembatan SRI RAJA Kampung Jambuk tahun 2019 APBN (DD) Th 2019; Pembangunan pintu gerbang Simpang penawai-Muara Kedang Sumber Dana ADK tahap 1 Tahun 2019;  Pembangunan lamin “Uwan Mantung Kutak” Kampung Pereng Taliq Sumber dana : DD APBN 2019; Pembangunan gedung kesenian daerah Kampung Tanjung Soke Sumber Dana : DD APBN 2019; Pembangunan jembatan gantung Kampung Tanjung Soke Sumber dana : APBN 2017; Pembangunan semenisasi jalan kampung resak Sumber dana : APBN 2020; dan Semenisasi jalan Jambuk Makmur Sumber Dana : DD tahun 2019,” jelasnya.

“Dengan adanya pembangunan tersebut dan capaian pembangunan lain dalam wilayah Kecamatan Bongan ini, masyarakatnya dapat memanfaatkan fasilitas tersebut untuk melaksanakan rutinitas sehari-hari dan meningkatkan gairah perekonomian masyarakat menuju Kecamatan Bongan sejahtera secara mandiri,”harapnya.

Lebih lanjut Bupati  berpesan, Suksesnya pembangunan yang keberlanjutan dalam wilayah ini, para Petinggi dan BPK harus bersinergi demi membangun kerjasama serta komunikasi yang baik yang kemudian dilanjutkan ke Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Daerah. Masing-masing melaksanakan tanggung jawab sesuai tugas dan fungsinya.

Dalam melaksanakan pembangunan harus mengedepankan musyawarah dan transparansi dengan menyesuaikan pada kebutuhan publik yang penggunaan anggarannya perioritas pada hal-hal yang menjadi kebutuhan yang mendesak dan merangkul seluruh elemen masyarakat untuk bahu membahu mewujudkan desa atau kampung berkembang, maju dan mandiri dari segala bidang,” pungkasnya.

Sementara Petinggi Kampung Pering Taliq Agus Salim dalam kesempatannya menyampaikan, Padat Karya Tunai Desa (PKTD) ini merupakan program pengembangan dan perluasan kesempatan kerja dan sebagai upaya Pemerintah untuk memberdayakan Masyarakat dan mengoptimalkan potensi daerah yang dapat dikembangkan demi meningkatkan peluang pendapatan, aksesibilitas masyarakat dan perekonomian Lokal.

“Maka dari itu besar harapan kami dengan adanya berbagai pembangunan yang baru diresmikan oleh Bupati hari ini dan tidak hanya dikampung Pering Taliq, tapi juga diberapa kampung lain di Kecamatan Bongan, agar benar-benar dapat dimanfaatkan dan dikelola dengan baik oleh masyarakat sehingga dapat meningkatkan pemerataan pembangungan,”harapnya.

Penulis: Welin, Editor: Hermanto

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search

X